4 Langkah Mudah Tabulampot (Buah)

Tabulampot atau yang lebih dikenal dengan metode budidaya tanaman buah di dalam pot merupakan solusi penanaman buah dengan lahan yang terbatas. Hampir semua jenis tanaman buah dapat tumbuh dengan teknik budidaya tabulampot, namun tidak semuanya dapat berbuah. Ada beberapa jenis tanaman buah yang dapat tumbuh dengan subur namun tidak bisa menghasilkan buah ketika ditanam di dalam pot. Jenis tanaman yang tergolong mudah dibudidayakan dengan cara ini adalah mangga, jeruk, sawo, jambu biji dan jambu air. Hingga saat ini ada dua jenis tanaman yang belum berhasil dibudidayakan dengan teknik tabulampot yaitu durian dan alpukat.  Berikut ini 4 langkah mudah memulai teknik budidaya tabulampot:

Berikut ini 4 langkah mudah memulai teknik budidaya tabulampot:

Menyiapkan Bibit di Dalam Pot

Penyiapan Bibit Tabulampot

Ada dua jenis bibit yang digunakan dalam tabulampot yaitu bibit generatif (biji) dan bibit vegetatif (hasil okulasi, pencangkokan dan penyambungan). Dalam menyiapkan bibit tabulampot sangat dianjurkan untuk menggunakan jenis bibit vegetatif karena sifat tanaman yang dihasilkan dapat dipastikan sama dengan induknya. Tingkat keberhasilan budidayanya pun menjadi lebih besar. 

Menyiapkan Media Tanam

Media Tanam Tabulampot

Media tanam memiliki fungsi menjadi tempat tumbuhnya akar yang menopang postur tanaman sekaligus menyuplai nutrisi. Jenis media tanam yang digunakan dalam tabulampot terdiri dari campuran tanah, kompos dan arang sekam dengan perbandingan 1/1. Campuran lainnya seperti pupuk kambing juga dapat digunakan sebagai pengganti kompos dalam jumlah perbandingan yang sama. Setelah tanah, bagian lainnya yang perlu disiapkan sebagai wadah tanam adalah pot. Pot dapat berasal dari berbagai jenis material seperti kayu, tanah, logam dan semen. Dianjurkan menggunakan pot kayu yang memiliki pori-pori untuk menjaga suhu dan kelembaban tanaman tetap dalam kondisi stabil. 

Menanam Bibit

Menanam Bibit Tabulampot

Tidak bisa dilakukan dengan sembarangan, penanaman bibit perlu dilakukan secara hati-hati. Media tanam di sekitar tanaman perlu dipadatkan untuk menopang postur tanaman. Untuk mengurangi penguapan sebaiknya pangkas sebagian batang tanaman dan daun. 

Perawatan Tanaman

Perawatan Tanaman Tabulampot

Perawatan tabulampot dilakukan dengan beberapa cara seperti penyiraman, pemangkasan, pemupukan, pengendalian hama dan penyakit serta mengganti media tanam. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.