Bagaimana Cara Melakukan Budidaya dengan Metode Hortikultura

Banyak orang sering mendengar akan istilah hortikultura. Namun, apakah Anda juga sudah mengetahui bagaimana langkah – langkah yang perlu dilakukan untuk membudidayakan tanaman hortikultura? Nah, kali ini saya akan membahas mengenai beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk membuat tanaman dengan metode hortikultura, antara lain :

  • Persiapan lahan 

Hal yang paling utama untuk Anda lakukan adalah dengan mempersiapkan lahan yang ingin Anda jadikan tempat untuk tanaman hortikultura Anda. nah, lahan tersebut bergantung pada jenis tanaman, ukuran, serta umur panen dari tanaman tersebut. Persiapan lahan untuk media hortikultura juga dapat dilakukan dengan berbagai macam cara, termasuk cara modern, namun tentu saja ada kelebihan dan kekurangan jika dibandingkan dengan cara yang biasanya.

  • Pembibitan

Proses pembibitan merupakan cara kedua yang dapat dilakukan setelah persiapan lahan. Pembibitan ini dapat juga dikatakan sebagai proses memperbanyak tanaman. Nah, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memperbanyak bibit tanaman, bisa dilakukan secara vegetatif maupun generatif, tergantung tanaman apa yang Anda tanam.

  • Penanaman bibit

Setelah melakukan pembibitan, langkah selanjutnya adalah dengan menanam bibit – bibit tersebut pada lahan yang sebelumnya telah Anda persiapkan. Nah, ada baiknya jika Anda melakukan penanaman pada pagi hari sebelum matahari tepat diatas kepala dan bersinar dengan teriknya, atau sore hari disaat matahari belum terbenam.

  • Pemeliharaan tanaman

Pemeliharaan tanaman dilakukan agar nantinya tanaman yang dihasilkan merupakan tanaman dengan kualitas yang baik. Untuk itu, agar dapat dipanen dengan kualitas baik, diperlukan berbagai macam pemeliharaan misalnya berhubungan dengan pencegahan hama dan pemupukan pada tanaman tersebut. Kedua hal ini harus dilakukan secara tertaut agar metabolism tanaman dapat seimbang.

  • Panen

Langkah terakhir adalah panen. Dan memang panen merupakan langkah yang paling ditunggu oleh para pembudidaya. Panen dapat dilakukan dengan berbagai macam, mulai dari mengambil bagian daunnya, buahnya, batangnya, atau bahkan akarnya sesuai dengan kegunaan dan tujuan penggunaan dari tumbuhan yang Anda tanam tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.