Budidaya Tanaman Ubi Jalar

Setidaknya ada 3 jenis ubi jalar yang populer dan banyak dibudidayakan masyarakat Indonesia yaitu ubi jalar berwarna merah, ubi jalar berwarna ungu dan ubi jalar berwarna kecoklatan. Ketiga jenis ubi jalar ini memang memiliki produktivitas tinggi dengan varietas yang unggul. Tanaman ubi jalar sangat cocok dibudidayakan di daerah tropis dengan suhu panas dan lembab karena tanaman ini membutuhkan penyinaran matahari selama 11-12 jam dalam satu hari. Suhu yang ideal bagi ubi jalar adalah antara 21-27 derajat celcius dan dengan curah hujan 750-1000 mm (per tahun). Berikut ini langkah-langkah mudah untuk mulai membudidayakan tanaman ubi jalar:

Penyiapan Bibit Ubi Jalar

Bibit Ubi Jalar

Dalam pembudidayaan tanaman ubi jalar penyiapan bibit dapat dilakukan secara vegetatif dan generatif. Pilih umbi berkualitas lalu biarkan ditempat teduh dan lembab sampai keluar tunasnya untuk kemudian dipotong dan siap dibesarkan. Cara generatif ini biasanya hanya digunakan dalam budidaya ubi jalar skala terbatas. Sedangkan untuk skala besar, cara vegetatif lebih banyak digunakan. Perbanyakan bibit dengan cara vegetatif stek batang dapat menurunkan kualitas tanaman. Oleh karena itu, stek batang dalam upaya pembudidayaan ubi jalar hanya dianjurkan untuk 3 sampai 5 generasi. 

Penyiapan Lahan Tanam Ubi Jalar

Lahan Budidaya Ubi Jalar

Setelah memiliki bibit yang baik, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah menyiapkan lahan dengan melakukan pengelolaan tanah yang baik. Kondisi tanah yang cocok untuk budidaya tanaman ubi jalar adalah tanah lempung berpasir, banyak mengandung zat hara, gembur dan memiliki sistem drainase yang baik. Jika dibudidayakan pada tanah yang kering dan pecah-pecah, imunitas tanaman ubi jalar akan menurun sehingga kemungkinan matinya bibit menjadi semakin besar. Sebaliknya jika ditanam pada tanah yang basah atau becek, umbi yang tumbuh akan kerdil dan lebih cepat busuk. Pastikan memilih lahan yang sesuai agar dapat membudidayakan ubi jalar secara optimal. 

Penanaman Bibit Ubi Jalar

Menanam Bibit Ubi Jalar

Penanaman ubi jalar dilakukan dengan cara membenamkan 2 sampai 3 stek batang tanaman ke dalam tanah yang sudah disiapkan. Dalam satu bedeng setidaknya terdapat 2 baris tanaman dengan jarak antar tanaman dalam satu baris adalah 30 cm, sedangkan jarak antar baris adalah 40 cm. Untuk lahan seluas satu hektar dibutuhkan 36.000 batang tanaman. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.