Cara Membudidayakan Tanaman Hias Hidroponik

Cara membudidayakan tanaman hias hidroponik tidak sulit, asalkan mempunyai niat kuat sejak awal. Menanam dengan teknik hidroponik merupakan cara alternatif untuk kondisi lahan yang semakin sempit. Hidroponik adalah cara menanam dengan menggunakan air dan bahan-bahan tertentu yang mampu memfasilitasi kuota air. Berikut cara budidaya tanaman hidroponik.

Tanaman Hidroponik Hias

Menyiapkan Alat dan Bahan

Alat dan bahan untuk bertanam hidroponik tak jauh beda dengan peralatan tanam biasanya. Hanya beberapa hal khusus yang perlu dipersiapkan seperti, media tanam. Peralatan pokok yang harus disiapkan diantaranya pot plastik (warna gelap), baskom, bibit bunga hias, media tanam, larutan ABMIX, pestisida, handsprayer. Untuk media tanam, ada hal yang perlu diperhatikan seperti yang akan dijelaskan di bawah.

Memilih Media Tanam

Ada berbagai jenis media tanam hidroponik. Sudah diketahui bahwa cara membudidayakan hidroponik tidak menggunakan media tanah, tapi dengan media pengganti. Media tanam itu diantaranya arang kayu, batang pakis, hidrogel, cocopeat, dan rockwool. Hidrogel adalah media yang paling digemari karena penampilannya yang warna warni dan cocok untuk memperindah ruangan. Teksturnya mudah menyerap air dan menyimpannya dalam waktu lama, sehingga akan sangat baik bagi pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Cara membudidayakan tanaman hias dengan media hidrogel ini direkomendasikan bagi Anda yang masih pemula.

Mengontrol Nutrisi pada Bunga/ Tanaman

Tanaman membutuhkan nutrisi agar tetap tumbuh subur. Nutrisi itu berupa larutan ABMIX dan larutan lainnya seperti yang telah dijelaskan pada alat dan bahan di atas. Anda harus melakukan kontrol secara kontinyu supaya bunga tidak kekurangan nutrisi. Dengan menyemprot larutan pestisida juga akan membuat tanaman terhindar dari penyakit yang ditimbulkan dari hama atau serangga.

Melakukan Pemangkasan 

Pemangkasan atau pemotongan pada tanaman dilakukan pada bagian yang layu atau sudah busuk. Bagian yang sudah busuk mempengaruhi pertumbuhan bagian tanaman lain. Selain pada batang, daun, atau bunga yang layu, pemotongan bisa dilakukan untuk alasan keindahan. Estetika tanaman hias perlu diperhatikan agar enak dipandang. Cara membudidayakan tanaman hias khususnya hidroponik memerlukan teknik dan ketelatenan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.