Cara Mencegah Hewan Ternak Kena Penyakit Klostridial

Penyakit Klostridial adalah salah satu penyakit pada hewan ternak yang sebenarnya bisa dicegah dengan memberikan vaksin. Yang termasuk dalam kelompok penyakit Klostridial antara lain adalah tetanus, edema ganas, blackleg, enterotoxaemia, dan juga penyakit hitam. Bakteri Klostridial adalah bakteri yang sangat umum ditemukan di lingkungan atau muncul secara alami di sistem pencernaan hewan ternak. Bakteri yang sudah masuk ke dalam tubuh hewan ternak akan mengembangbiakkan dirinya dalam jumlah yang banyak di waktu yang singkat yang masing-masing bakterinya bisa mengeluarkan racun sehingga membunuh hewan ternak secara perlahan.

Vaksin toxoid adalah jenis vaksin yang paling umum diberikan untuk mencegah dan mengatasi penyakit Klostridial. Nama vaksin yang bisa diberikan kepada hewan ternak cukup beragam ada yang 10 in 1, 8 in 1, 7 in 1 dan sebagainya, makin tinggi angkanya makin banyak jenis penyakit yang bisa dicegah dengan menggunakan vaksin tersebut.

Penyakit Klostridial pada Hewan Ternak

Jenis vaksin tersebut biasanya diberikan untuk hewan ternak mamah biak, sementara vaksin yang lebih kecil spektrumnya misalnya 3 in 1 umumnya diberikan untuk hewan ternak yang lebih spesifik misalnya ternak yang akan digemukkan. Suntikan vaksin pertama biasanya diberikan pada ternak dengan usia 6 atau 8 minggu kemudian disuntik lagi untuk kedua kalinya setelah 4 atau 6 minggu setelah suntikan pertama. Vaksin tambahan harus diberikan setiap tahunnya. Untuk ternak yang sedang hamil, vaksin diberikan 4 hingga 6 minggu sebelum melahirkan sehingga anak ternak akan memiliki imunitas alami terhadap penyakit Klostridial.

Imunisasi alami ini akan bertahan hingga usia anak ternak 12 hingga 16 minggu. Setelah mencapai usia tersebut anak ternak harus mengikuti program vaksin tahunan agar tetap terlindungi dari bakteri penyebab penyakit Klostridial. Jika Anda memiliki hewan ternak baru, sebelum dicampur dengan ternak yang lama pastikan ia sudah mendapatkan vaksinasinya, jika belum segera berikan suntikan pertama vaksin toxoid kemudian berikan suntikan kedua setelah 4 hingga 6 minggu suntikan pertama, kemudian berikan suntikan vaksin tahunan bersama dengan ternak Anda yang lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.