Cara Mengatasi Scabies Pada Hewan Ternak

Scabies adalah penyakit kudis pada kulit hewan ternak yang biasanya terjadi pada kambing maupun babi. Scabies disebabkan oleh faktor eksternal yaitu tungau Sarcoptes yang merupakan parasit berbentuk bulat berukuran sangat kecil dan hanya bisa dilihat dengan menggunakan mikroskop atau dilihat langsung di latar belakang yang gelap. Penyakit scabies ini merupakan penyakit yang menular bahkan  juga bisa ditularkan ke manusia. Tanda yang muncul apabila hewan ternak terkena penyakit scabies adalah ternak akan berusaha untuk menggaruk bagian kulit yang terkena kudis karena rasanya sangat gatal, kemudian bulu di sekitar kudis akan rontok disertai dengan keropeng. Ternak yang terkena scabies tidak segera diobati akan mati dalam waktu 3 bulan.

Scabies di Mulut

Pengendalian penyakit scabies dilakukan dengan melakukan sanitasi pada kandang hewan ternak, pada tempat makan dan tempat minumnya, serta peralatan perawatan ternak yang digunakan. Sanitasi bisa dilakukan dengan menyemprotkan desinfektan seperti misalnya lisol, karbol, maupun bioced secara rutin dan teratur.  Sedangkan penanganan untuk ternak yang sudah kena scabies, sebelum gejalanya makin parah sebaiknya segera diberikan insektisida yang cocok untuk membunuh Sarcoptes  dan mengikuti petunjuk pemakaian yang dari pabrik pembuat insektisida.

Scabies pada Telinga

Jika insektisida untuk tungau scabies sulit ditemukan atau jika harganya dirasa terlalu mahal, peternak bisa menggunakan campuran oli bekas  dengan belerang sebagai pembunuh tungau yang aman bagi hewan ternak. Cara mencampurnya adalah mencampur 250 gram bubuk belerang dengan oli bekas kurang lebih 250 ml, kemudian aduk sampai rata menggunakan wadah yang bersih. Pisahkan hewan ternak yang sudah terkena scabies kemudian bersihkan bagian kulit yang terkena scabies dengan menggunakan air dan sabun antiseptik. Bilas kemudian keringkan, setelah benar-benar kering oleskan campuran oli dan belerang pada bagian kulit yang sakit secara merata. Ulangi proses pengobatan ini pagi dan sore hari hingga scabies sembuh. Saat membersihkan hewan ternak dan mengoleskan campuran oli bekas sebaiknya gunakan sarung tangan karet agar tidak ada kontak langsung dengan hewan yang sedang sakit scabies.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.