Cara Merawat Mawar Hias di dalam Pot

Ada berbagai cara merawat mawar hias di dalam pot supaya tidak cepat layu. Mawar dapat dijadikan sebagai tanaman hias untuk dipajang di dalam rumah maupun luar rumah. Kamu yang suka mawar, berikut akan dibahas langkah-langkah merawat bunga mawar sebagai tanaman hias.

Mawar Hias Dalam Pot

Memilih Pot Bunga Mawar yang Tepat

Memilih pot sebagai media wadah bunga mawar sebaiknya yang terbuat dari tanah liat. Kenapa? Karena tanah liat memiliki pori-pori kecil yang bagus bagi sirkulasi udara dan air. Pot tanaman yang baik adalah wadah yang mampu menerima tampungan air sekaligus memberi resapan air. Jadi, air tidak tergenang dan terjebak di dalam pot bunga. 

Ukuran pot juga tidak boleh terlalu besar atau terlalu kecil. Jika terlalu kecil akan membuat akar tanaman susah bergerak. Akar yang terjebak di dalam pot sempit akan mengakibatkan pertumbuhan tanaman kurang baik.

Memilih Media Tanah yang Baik

Media tanah yang terlalu gembur atau terlalu kering tidak bagus bagi pertumbuhan bunga mawar. Tanah yang baik ialah yang mempunyai kadar air cukup. Kadar air sangat penting berkaitan dengan kesuburan bunga mawar. 

Sinar Matahari 

Cara merawat mawar hias berikutnya ialah berkaitan dengan suhu dan sinar matahari.Sinar matahari penting agar tanaman dapat melakukan fotosintesis. Ketika mengatur letak bunga mawar, hendaknya dipilih tempat yang terkena sinar matahari cukup. Jangan diletakkan di lokasi yang mempunyai temperatur tinggi. 

Dilakukan Pemangkasan secara Teratur

Pemangkasan membuat tanaman terlihat indah. Kamu perlu memangkas atau memotong bagian tumbuhan yang telah layu atau busuk. Potong juga bagian-bagian yang mengurangi nilai estetika. Pakailah gunting tajam agar tanaman tidak rusak. Usahakan memangkas secara rapi dan lurus, hindari memotong secara diagonal atau miring.

Disiram secara Teratur 

Nah, ini satu dari beberapa langkah yang teramat penting dan krusial, yaitu menyiram secara teratur. Biasanya tanaman hias disiram pada pagi hari dan sore hari. Jangan membiarkan bunga mengalami dehidrasi. Begitulah Cara merawat mawar hias untuk indoor maupun outdoor agar terlihat estetik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.