Langkah-Langkah Menanam Kacang Tanah

Tanaman kacang tanah sangat cocok ditanam pada dataran rendah yang memiliki suhu tinggi. Jenis tanaman ini sangat cocok dibudidayakan pada musim kemarau dibanding musim hujan. Media tanam kacang tanah sebaiknya memiliki bahan organik yang tinggi karena tanaman ini menyukai jenis tanah yang gembur.

Budidaya Kacang Tanah

Untuk meningkatkan produktivitas tanaman kacang tanah, dibutuhkan pupuk organik dengan unsur hara mikro dan makro lengkap serta bakteri yang menguntungkan. Berikut ini langkah-langkah yang benar dalam upaya pembudidayaan tanaman kacang tanah:

  1. Sebelum tanaman kacang tanah ditanam pada lahan, harus dilakukan upaya penggemburan tanah terlebih dahulu dengan cara dibajak maupun dicangkul. Jika menanam pada musim hujan, buatlah saluran pengaliran air yang baik dengan membuat bedengan selebar 80-100 cm dan tinggi 20-30 cm untuk mencegah adanya genangan. 
  2. Berikan kapur pertanian atau dolomit sebanyak 1 sampai 2 ton untuk 1 hektar tanah dengan cara ditaburkan tipis di atas tanah lalu didiamkan selama 5 hari. Setelah itu taburkan pupuk kandang yang sudah matang sebagai tambahan kurang lebih 10 ton per hektar. 
  3. Benih kacang tanah unggul tentu akan menghasilkan produk yang tidak kalah unggulnya. Oleh karena itu, pilihlah benih unggul yang dihasilkan oleh kacang tanah tua selama 100 hari. Benih yang sehat memiliki ciri warna coklat kehitaman dan tidak ditemukan adanya selaput pada bagian dalam cangkang. Jika sudah mendapatkan benih berkualitas, lakukanlah langkah berikutnya untuk merendam benih sebelum ditanam. Campurkan 20 liter air hangat dengan 1 liter POC GDM untuk merendam benih selama 3-5 jam. Perendaman dilakukan untuk mempercepat proses perkecambahan dan menghindarkan benih dari penyakit tular benih. 
  4. Siapkan lubang sedalam 3 cm dengan jarak tanam 40×20 cm atau 40×10 cm pada bedengan yang sudah dibuat. Masukkan 1 benih ke dalam 1 lubang untuk mulai menanam. 
Kacang Tanah

Salah satu kunci keberhasilan dalam menanam kacang tanah adalah dengan melakukah perawatan yang tepat. Oleh karena itu, mulailah melakukan perawatan yang optimal saat tanaman kacang tanah berumur 4-7 hari. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.