Mengatasi Dan Mengontrol Hama Taman Di Rumah

Hama didefinisikan sebagai makhluk hidup yang menyebabkan kerusakan baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap tanaman, hewan domestik atau hewan peliharaan, maupun pada manusia. Hama tidak hanya menyerang tanaman di perkebunan yang besar, tapi juga bisa menyerang tanaman di halaman atau kebun taman Anda. Hama taman dikenal sebagai organisme yang menyebabkan kerusakan pada tanaman bunga maupun tanaman hias baik yang kerusakannya nampak dari luar maupun tidak nampak.

Hama taman seperti ulat akan merusak tanaman dengan memakan daun hijau dan menyisakan tulang-tulang daunnya saja, sebagian jenis serangga menyedot habis sari yang ada di dalam bunga dan batang, menyebabkan tanaman hias jadi lesu dan mati. Hewan lain yang juga menyebabkan kerusakan pada taman antara lain adalah tikus, burung, dan juga moluska seperti siput atau lintah.

Merawat Tanaman di Kebun

Beberapa hal yang  bisa dilakukan untuk melakukan kontrol terhadap hama taman antara lain adalah:

1.      Menjaga kebersihan taman

Hama taman tertarik dengan lingkungan yang kotor, maka dari itu bersihkan taman dari berbagai macam atraksi yang bisa menarik hama seperti misalnya kotoran hewan peliharaan, rumput gulma, sisa-sisa tanaman yang sudah membusuk, dan sebagainya.

2.      Tanaman pengusir hama

Beberapa tanaman bisa mengusir sebagian jenis hama agar menjauhi taman Anda seperti misalnya bawang putih, basil, rosemary, dan nasturtium. Anda bisa menanam tanaman pengusir hama ini di dekat tanaman hias, tanaman buah, atau tanaman bunga.

3.      Hewan predator alami hama

Anda bisa mencari telur serangga predator untuk menjadi predator alami bagi hama tanaman. Serangga seperti belalang sembah, kepik, adalah beberapa serangga yang bisa menjadi agen pengontrol hama alami. Dengan adanya serangga seperti belakang dan kepik, burung-burung pun juga akan tertarik ke taman Anda yang bisa juga menjadi predator bagi hama-hama taman sebagai makanannya.

4.      Menggunakan bahan kimia

Menggunakan pestisida dan fungisida untuk menghilangkan hama taman bisa juga jadi pilihan terutama jika dilakukan dengan cara yang tepat. Penggunaan yang kurang tepat beresiko merusak organisme yang justru bermanfaat bagi taman Anda, merusak tanaman, bisa juga menjadi racun bagi makhluk hidup lain yang hidup di sekitar taman misalnya jika Anda punya hewan peliharaan yang suka dikeluarkan dari rumah. Gunakan bahan kimia yang sesuai dengan jenis hama, aplikasikan di waktu dan dosis yang tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.