Menggunakan BWD Untuk Mengukur Kebutuhan N Pada Tanaman

Pupuk N adalah jenis pupuk yang paling banyak digunakan oleh petani sawah dalam memberikan nutrisi pada tanaman padinya. Sayangnya masih banyak petani yang belum begitu paham mengenai kadar pemberian pupuk N yang tepat. Pemberian pupuk N secara berlebihan bisa membuat petani tekor karena harga pupuk tentu tidak murah, selain itu kelebihan nutrisi N bisa menyebabkan tanaman padi jadi lebih sensitif dengan infeksi penyakit serta bisa membuat tanaman padi jadi lebih mudah rebah. Untuk mengukur apakah tanaman padi sudah mendapatkan nutrisi N yang tepat atau belum, Anda bisa menggunakan alat yang dinamakan BWD (Bagan Warna Daun) atau dalam bahasa Inggris disebut dengan LCC (leaf color chart).

Menggunakan BWD Untuk Mengukur Kebutuhan N Pada Tanaman
Cara Menggunakan Bagan Warna Daun

BWD mirip bentuknya seperti alat pengukur kadar pH, ia berbentuk persegi panjang dengan ukuran umumnya 6 x 13 cm, yang memiliki 4 kotak skala warna, dimulai dari skala 2 yang paling rendah dengan warna hijau muda hingga skala 5 dengan warna hijau tua. Menggunakan BWD untuk mengukur kadar kebutuhan N pada tanaman bisa menghemat pupuk N hingga 15-20%.

Cara untuk menggunakan BWD adalah dengan membandingkan warna daun dengan skala warna BWD setiap 7 hingga 10 hari sekali  sejak tanaman padi berusia 21-28 hari setelah tanam sampai fase primordia. Tanaman diberikan pupuk N ketika warna daun berada di skala 4. Langkah yang bisa dilakukan ketika membandingkan warna daun  dengan BWD adalah sebagai berikut:

  1. Ambil 10 rumpun padi secara acak, daun yang dipilih adalah daun yang sudah membuka penuh pada satu rumpun
  2. Bandingkan warna daun dengan skala warna BWD, apabila warna daun berada di antara 2 skala ambil nilai tengahnya
  3. Usahakan jangan menghadap sinar matahari ketika membandingkan warna
  4. Jika ada minimal 5 dari 10 daun yang diambil berada di skala di bawah 4 maka artinya tanaman membutuhkan pupuk N sesuai dengan target hasil yang ingin dicapai
  5. Membandingkan warna daun menggunakan BWD sebaiknya dilakukan oleh orang yang sama dan dalam waktu yang bersamaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.