Pengendalian Hama dan Penyakit di Lidah Buaya

Untuk tanaman lidah buaya yang memang ditanam dalam lahan yang cukup luas biasanya memang seringkali anda temui beberapa gulma yang ikut tumbuh bersama. Beberapa jenis gulma itu adalah kangkung, alang – alang, rumput teki, rumput grinting, krokot dan juga ada beberapa jenis gulma lainnya.

Gulma Lidah Buaya

Namun agak berbeda dengan hama dan penyakit di lidah buaya jika ditanam di dalam polybag, untuk serangan gulmanya memang sangat sedikit dan sangat minim. Sehingga bisa dikatakan jika anda tidak perlu memerlukan perawatan dan perhatian yang sangat khusus untuk anda yang sedang dalam proses budidaya lidah buaya.  Namun yang harus menjadi perhatian anda adalah hama yang seringkali menyerang untuk tanaman lidah buaya yang anda tanaman di dalam sebuah pot atau polybag adalah hama dari ulat.

Dan ini memang jauh lebih menakutkan dari hama lainnya. Namun anda tak perlu khawatir, hama di polybag ini sendiri sebenarnya bisaanda basmi dengan cara menyemprotkan insektisida. Dan sedangkan untuk penyakit yang menyerang yang disebabkan hama ini biasanya masuk dalam golongan jamur dengan nama lait adalah Fusarium Sp. Biasanya untuk jenis hama ini akan membusuk pada bagian pangkal batang dan pangkal  daun. Untuk proses pengendalian ini yang bisa anda lakukan adalah dengan menggunakan fungisida dengan bahan yang aktif dari captafol, benomyl dan juga dazomete.

Serangan Hama di Lidah Buaya

Langkah yang bisa dilakukan untuk menghilangkan penyakit ini pada tanaman obat lidah buaya adalah dengan melakukan perawatan dari awal proses penanaman. Caranya anda bisa mengambil bagian akar dari lidah buaya untuk anda celupkan dalam larutan ini sehingga pada saat tanaman obat lidah buaya ini tubuh maka tidak ada hama dan penyakit yang akan menyerangnya.

Namun jika sudah terlanjur anda tanam namun hama dan penyakit menyerang maka larutan dari fungisida ini bisa anda semprotkan pada tanaman lidah buaya. Tujuannya adalah untuk mematikan hama dan penyakitnya. Cara ini memang sangat mudah untuk proses pengendalian hama dan penyakit, namun yang terpenting adalah anda harus lebih hati – hati dan teliti dalam proses perawatan jenis tanaman obat apapun. Karena hasil panen dari tanaman ini akan digunakan sebagai bahan utama dalam kesehatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.