Penyobekan dan Pembumbunan Lidah Buaya

Lidah buaya walaupun salah satu jenis tanaman obat yang sangat mudah dalam proses penanamannya, namun anda harus tahu jika ada kemungkinan besar jika lidah buaya bisa memberikan bibit yang baik untuk tanaman selanjutnya. Pada usia 3 bulan biasanya tanaman lidah buaya disarankan untuk melakukan proses bumbunan.

Penyobekan Lidah Buaya

Ini adalah salah satu perawatan dengan cara meninggikan proses pemadatan tanah yang ada di sekeliling dari tanaman lidah buaya ini. Langkah ini sebenarnya dilakukan dengan tujuan untuk memperkokoh tanaman lidah buaya. Selain itu, bertujuan untuk bisa menggemburkan tanah sehingga tanaman bisa dengan sangat mudah untuk bisa menyerap makanan. Biasanya untuk tanaman obat lidah buaya yang di tanam di lahan yang cukup luas, proses ini memiliki tujuan untuk proses pengendalian dari gulmanya. 

Dalam proses ini, anda juga harus melakukan proses penyobekan pada tanaman lidah buaya dimana anda harus memisahkan lidah buaya yang memiliki anakan, tujuannya adalah untuk memastikan jika tanaman lidah buaya ini bisa mendapatkan banyak asupan makanan yang memang sangat cukup. Selain itu, untuk anakan yang dipisahkan juga bisa anda jadikan sebagai bibit tanaman kembali di bagian lahan yang berbeda. 

Pembumbunan Lidah Buaya

Dan secara khusus, untuk proses penyobekan ini ada baiknya memang dilakukan sekitar 5 hingga 6 bulan karena dalam usia ini sudah bisa dipastikan jika tanaman telah mengeluarkan anakan yang memang terpendam di dalam tanah. Dan untuk proses penyobekannya juga anda bisa menggunakan pisau yang tajam dan anda harus melakukannya dengan sangat hati – hati.  Untuk proses penyobekan ini sendiri, sebenarnya anakan dari lidah buaya ini bisa anda gunakan sebagai bibit untuk menanam di media tanam yang lain. Sehingga selain anda bisa mendapatkan hasil dari lidah buaya yang sedang anda tanam, anda juga bisa menanam kembali di periode yang cukup dekat dari anakan lidah buaya.

Oleh karenanya budidaya dari lidah buaya ini sangat mudah karena anda tidak perlu membeli bibit kembali setelah anda memilih tanaman pertama lidah buaya yang sudah tubuh dengan sangat baik. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.