Perawatan Tanaman Obat Lidah Buaya (Aloe Vera)

Dalam proses perawatan tanaman obat lidah buaya ada banyak hal yang bisa dilakukan.karena perawatan lidah buaya walaupun terkadang terkesan sederhana namun sangat penting untuk menjadi perhatian. Salah dalam perawatan walaupun benar dalam proses pembibitan hasilnya juga tidak akan maksimal dalam musim panen. Untuk itu perawatan harus tetap dilakukan walaupun anda hanya melakukan penanaman dalam media tanam yang sangat kecil misalnya di Polybag sekalipun. 

Perawatan Tanaman Lidah Buaya

Salah satu proses perawatan yang bisa dilakukan adalah dengan dilakukannya proses pemupukan. Dimana tujuan dari proses pemupukan ini sendiri sebenarnya adalah untuk bisa mencukupi kebutuhan asupan kalium dan unsur – unsur nitrogen untuk proses pertumbuhan vegetatif dari tanaman. Terutama adalah pembentukan dari zat hijau serta jaringan dari tanaman. Untuk proses pemupukan tanaman ini sendiri biasanya akan dilakukan pada saat tanaman kurang lebih 3 hingga 4 bulan usianya.

Nah jika selesai dalam masa panen ini, maka anda bisa menggunakan pupuk untuk jenis urea, TSP dan KCL dengan setidaknya dosis yang sudah disarankan. Tujuannya adalah agar pemupukan pas dan tidak berlebihan. Karena tanaman dengan proses pemupukan yang berlebihan justru akan membuat tidak bisa tumbuh dengan sempurna. Dan selain itu, banyak sedikitnya pupuk juga harus anda sesuaikan dengan media tanam yang digunakan. Jika anda menggunakan media tanam polybag maka ada baiknya untuk anda menggunakan takaran yang disesuaikan dengan ukuran polybag yang anda gunakan. 

Merawat Aloe Vera sebagai Tanaman Obat

Untuk jenis pupuk yang bisa anda gunakan dalam proses pemupukan dari tanaman obat lidah buaya ini sendiri bisa dengan menggunakan pupuk buatan, karena memang sangat mudah anda dapatkan di toko – toko pertanian. Hanya saja sangat disarankan juga untuk anda memberikan pupuk organik yang berasal dari pupuk kandang. Karena pupuk kandang ini sendiri memiliki fungsi sebagai sarana untuk memperbaiki jaringan dari tanah. Nah, untuk mendapatkan hasil yang maksimal maka sangat disarankan untuk anda menggunakan pupuk organik dengan pupuk kandang dari kotoran sapi karena didalamnya sendiri memang memiliki banyak sekali kandungan dari unsur hara dan juga nitrogen dimana memang sangat baik untuk tanaman dan juga tanah yang digunakan. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.