Proses Pembibitan Tanaman Lidah Buaya

Jika anda berminat dalam budidaya tanaman lidah budaya tidak bisa berhenti hanya dalam proses penanaman saja, karena akan ada proses perawatan. Dan yang harus anda ketahui juga sebelum perawatan tanaman lidah buaya akan ada proses pembibitan sehingga perawatannya jauh lebih mudah. 

bibit lidah buaya

Untuk Proses pembibitan tanaman obat lidah buaya ini sebenarnya bisa anda lakukan dengan vegetatif. Dimana ini adalah cara dengan mengambil anakan yang memang masih menempel pada induknya. Langkah yang bisa anda ambill adalah dengan cara mencongkel dan kemudian memisahkan antara anak dari tanaman obat ini dari Induknya. Namun yang harus anda pahami adalah ketika anda memisahkan bibit hingga akarnya jangan pernah terjadi akarnya mengalami putus. Setelahnya anda bisa menanam tanaman ini di media tanam lainnya. 

proses pembibitan aloe vera

Yang harus anda ketahui adalah anakan dari lidah buaya ini bisa anda jadikan bibit dengan waktu untuk pembibitan kurang lebih 3 hingga 5 bulan yang mana sebelum anda pindahkan ke media tanamnya. Namun sebenarnya bisa juga anda langsung tanam ke media tanamnya.Untuk cara menanam tanaman ini sebenarnya hampir sama dengan proses menanam tanaman lainnya, dimana anda hanya perlu memasukkan akar dari tanaman obat lidah buaya ini ke lubang tanam. Yang terpenting adalah anda jangan terlalu dalam karena bisa saja nanti akan terjadi proses pembusukan atau jika anda terlalu dangkal maka bisa menyebabkan akan roboh. Namun sangat disarankan adalah anda untuk menanam dengan kedalaman yang kurang lebihnya adalah 10 cm.

pembibitan lidah buaya

Nah, pada saat menanam lidah buaya juga sangat disarankan untuk melakukannya dengan lebih hati-hati sehingga tidak patah dan bibitnya tidak mengalami himpitan.  Ketika anda melakukan proses penanaman dan pembibitan tentu saja anda ingin mendapatkan hasil yang baik. Supaya tanaman obat lidah buaya ini bisa menghasilkan hasil yang sangat maksimal setelah proses menanam, maka ada baiknya untuk tidak membiarkannya untuk tumbuh begitu saja,namun ada baiknya untuk melakukan proses perawatan yang berkala. Tujuannya adalah agar hasilnya juga akan baik dari mulai pra tanam hingga panen. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.