Sistem Hidroponik Wick Sederhana vs NFT

Hidroponik adalah budidaya tanaman yang memanfaatkan air dan tanpa menggunakan tanah sebagai media tanam. Sistem pertanian hidroponik sudah dimulai oleh Bangsa Babylonia pada tahun 600 SM yaitu berupa taman gantung (hanging garden). Taman hias gantung ini adalah merupakan hadiah dari Raja Nebukadnezar II untuk istri tercintanya bernama Amytis, yang juga sebagai permaisuri. Istilah hidroponik lahir sekitar tahun 1936, sebagai penghargaan yang diberikan kepada DR. WF. Gericke, seorang agronomis dari Universitas California. Dr. WF. Gericke melakukan percobaan dan penelitian dengan menanam tomat di dalam bak yang berisi mineral sehingga tomat tersebut mampu bertahan hidup dan dapat tumbuh sampai ketinggian 300 cm dan memiliki buah yang lebat.

Sistem Hidroponik Sederhana dengan Metode Wick

Sistem hidroponik sederhana dapat diaplikasikan oleh masyarakat yang tinggal di daerah pemukiman, karena tidak memiliki lahan yang luas, sehingga metode hidroponik sederhana merupakan cara yang paling tetap untuk tetap bisa menikmati sayuran yang menyehatkan.

Sistem Hidroponik Wick Sederhana

Berikut beberapa tahapan menanam hidroponik sederhana di rumah dengan sistem wick:

Siapkan alat dan bahan berikut: Botol plastik bekas air mineral, Kain bekas untuk sumbu (rekomendasi kain flanel), Gelas Plastik Bekas air mineral, Nutrisi hidroponik, Media tanam (rockwoll, atang sekam, cocopeat, batu bata, pasir malang, pilih yang paling mudah di temukan).

Menyiapkan media tanam hidroponik

Potong botol mineral menjadi dua bagian, Lubangi bagian atas leher di dua sisi, untuk memudahkan Kawan-kawan bisa menggunakan paku yang di panaskan atau menggunakan solder, Masukkan sumbu yang sudah di potong melalui kedua lubang yang telah dibuat tadi, Pasangkan bagian atas botol dan bawah secara terbalik, Media hidroponik sederhana Kawan-kawan sudah dapat digunakan.

Penyiapan benih hidroponik sebelum tanam untuk dikecambahkan
Penyiapan Benih Hidroponik

Penyemaian benih dalam rockwoll

Potong rockwool dengan ukuran 2×2 cm lalu basahi rockwool namun jangan terlalu basah. Kawan-kawan dapat mencipratkan air atau menyemprotkan air ke permukaan rocwool, Buat lubang tanam pada bagian tengah rockwool menggunakan tusuk lidi dengan kedalaman kurang lebih 2mm, Kemudian masukkan benih sayuran kedalam lubang tanam, Setelah itu, tutup menggunakan plastik hitam dan simpan di ruangan yang gelap, Setelah 1-2 hari benih akan mulai menunjukkan pertumbuhan dengan pecahnya biji dan tumbuhnya bakal akar dan bakal daun. Jika sudah demikian, maka Kawan-kawan harus segera membuka plastik penutup dan menjemurnya dibawah cahaya matahari langsung. Kawan-kawan harus menjemurnya setiap hari, namun setelah cuaca terik sebaiknya masukkan kembali bibit semai ke dalam ruangan yang teduh. Jika media rockwool sudah terlihat kering maka sebaiknya siram menggunakan air yang di semprotkan ke media. Saat tanaman telah menghasilkan daun sejati, maka saat itu bibit telah siap dipindahkan media tanam hidroponik.

Membuat nutrisi tanaman, dengan membeli larutan AB-MIX untuk daun atau sayuran. Jika larutan yang Kawan-kawan beli berbentuk bubuk maka Kawan-kawan harua melarutkannya lebih dahulu. Untuk petunjuk cara melarutkan Kawan-kawan dapat membaca di kemasannya. Larutan ABMIX merupakan larutan yang terdiri dari larutan A dan Larutan nutrisi B.

Produk Nutrisi AB Mix

Pindah tanam ke media tanam hidroponik

Siapkan media hidroponik yang telah dibuat sebelumnya. Isikan larutan nutrisi kebagian bawah botol. Pindahkan rockwool yang berisi bibit tanaman ke bagian atas media yang sudah dipasangi sumbu kain flanel. Pasangkan bagian atas dan bagian bawah media hidroponik. Finally tanam hidroponik secara sederhana sudah selesai, namun tentunya untuk bisa memberikan hasil panen tanaman harus di rawat. Simak tahapan perawatannya dipoin selanjutnya.

Rockwoll hidroponik untuk media tanam
Pindah tanam ke rockwoll

Perawatan dan Pemanenan

Kunci sukses menanam sayuran dengan cara hidroponik sederhana adalah larutan nutrisi, jangan sampai larutan nutrisi sampai habis. Segera ganti saat larutan telah sedikit. Untuk dosis Kawan-kawan juga harus meningkatkannya secara bertahap. Karena semakin besar tanaman makan kebutuhan akan nutrisi juga semakin besar. Jika pada awal tanam Kawan-kawan menggunakan 4 ml + 4 ml + 1 L maka tahan selanjutnya Kawan-kawan bisa menaikkannya menjadi 5 ml + 5 ml + 1 L. Masa panen tergantung jenis tanaman yang ditanam. Namun, secara umum kebanyakan tanaman sayuran berumur pendek dapat dipanen 30-45 hari setelah semai. Saat sayuran siap panen maka segera lakukan pemanenan dengan cara memotong atau mencabut tanaman dari media rockwool

Perawatan dan pemanenan sayur hidroponik yang baik
Perawatan dan pemanenan sayur hidroponik

Keuntungan dan Kelemahan Sistem Hidroponik NFT

Konsep dasar Hidroponik sistem NFT ini adalah suatu metode budidaya tanaman dengan akar tanaman tumbuh pada lapisan nutrisi hidroponik yang dangkal dan tersirkulasi sehingga tanaman dapat memperoleh cukup air, nutrisi dan oksigen. Tanaman tumbuh dalam lapisan polyethylene dengan akar tanaman terendam dalam air yang berisi larutan nutrisi yang disirkulasikan secara terus menerus dengan pompa.

Sistem hidroponik NFT
Sistem Hidroponik NFT

Daerah perakaran dalam larutan nutrisi dapat berkembang dan tumbuh dalam larutan nutrisi yang dangkal sehingga bagian atas akar tanaman berada di permukaan antara larutan nutrisi dan styrofoam, adanya bagian akar dalam udara ini memungkinkan oksigen masih bisa terpenuhi dan mencukupi untuk pertumbuhan secara normal. berikut adalah kelebihan Hidroponik Sistem NFT:

  • Dapat memudahkan pengendalian daerah perakaran tanaman.
  • Kebutuhan air dapat terpenuhi dengan baik dan mudah,
  • Keseragaman nutrisi dan tingkat konsentrasi larutan nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman dapat disesuaikan dengan umur dan jenis tanaman,
  • Tanaman dapat diusahakan beberapa kali dengan periode tanam yang pendek,
  • Sangat baik untuk pelaksanaan penelitian dan eksperimen dengan variabel yang dapat terkontrol dan memungkinkan untuk meningkatkan produktivitas tanaman dengan high planting density.

Kelemahan utama pada Hidroponik Sistem NFT ini adalah investasi dan biaya perawatan yang mahal, sangat tergantung terhadap energi listrik dan penyakit yang menjangkiti tanaman akan dengan cepat menular ke tanaman lain.

Hasil panen sayur hidroponik segar
Panen Sayur Hidroponik

Berbagai tanaman hidroponik yang dapat dibudidaya didominasi kategori sayuran daun karena mudah menyerap nutrisi dan berumur genjah. Namun banyak juga petani hidroponik menanam komoditi buah seperti tomat dan cabe, meskipun umur panennya relatif lebih lama dibanding tanaman sayur daun tetapi memberikan keuntungan yang lumayan.

Sayuran hidroponik yang banyak dipasarkan saat ini terdiri dari kangkung, sawi, pakcoy, selada, cabe, tomat dan beberapa sayuran segar exotic. Menanam sayuran hydroponic tidak hanya memberikan keuntungan secara finansial tetapi juga memberikan dampak kesehatan atas polusi pestisida yang sering dihadapi pada sistem pertanian konvensional.