Tips Jitu Memulai Teknik Fertigasi Sayuran

Fertigasi merupakan salah satu cabang dari metode bercocok tanam hidroponik. Metode ini lebih mudah dipraktekan meskipun dalam skala yang luas. Keunggulan teknik fertigasi ialah proses perawatan lebih mudah karena sudah tertata dalam sistem yang sedemikian rupa. Baik bercocok tanam dalam skala kecil seperti di pekarangan rumah maupun dalam skala yang lebih besar, teknik fertigasi jauh lebih mudah diterapkan. 

Menyiapkan lahan fertigasi

MMenyiapkan Lahan Fertigasi Sayuran

Dalam menyiapkan lahan fertigasi, lahan perlu dibersihkan dari gulma dan berbagai jenis tanaman lainnya yang menghalangi sinar matahari. Seperti diketahui, cahaya matahari merupakan kebutuhan pokok bagi semua jenis tumbuhan untuk mendukung proses fotosintesis yang dilakukan. Buatlah lahan ke dalam bedengan-bedengan dengan tujuan untuk mengatur ketinggian lahan dan irigasi agar tidak mudah tergenang saat banjir. Bedengan harus dibuat dengan menggemburkan tanah yang diberi pupuk dasar (bisa berasal dari sisa kotoran ternak). 

Memasang plastik mulsa dan lubang tanam

Pemasangan Plastik Mulsa

Plastik mulsa memiliki fungsi untuk mencegah pertumbuhan rumput liar dan gulma yang tidak diinginkan. Plastik dipasang dengan posisi warna perak di bagian atas pada permukaan bedengan. Setelah plastik terpasang, buatlah lubang tanam dengan jarak 20-40 cm sesuai dengan jenis sayuran yang akan ditanam. Untuk jenis sayuran yang memiliki daun lebar, ambil jarak tanam yang lebih renggang. Pembuatan lubang sebaiknya dilakukan tidak terburu-buru. Buatlah lubang saat mendekati waktu penanaman polybag pada lubang tersebut. 

Menyiapkan polybag dan bibit sayuran

Penanaman Bibit dengan Teknik Fertigasi

Pada teknik fertigasi, polybag tidak diisi dengan tanah melainkan diganti menggunakan media lain. Beberapa bahan dapat dicampur seperti kerikil halus, pasir kasar, serabut akar, permit, sekam dan serbuk kayu sebagai pengganti media tanah. Agar persebaran pupuk merata di dalam polybag, campurkan juga pupuk dasar pada tahap tersebut. Sebelum ditanam pada polybag, bibir sayuran perlu disemai terlebih dahulu. Sebaiknya pilihlah jenis sayuran yang sesuai dengan topografi lingkungan. Jangan memaksakan sayuran yang cocok ditanam di dataran tinggi untuk ditanam pada dataran rendah karena pertumbuhannya akan menjadi tidak optimal. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.