Tips Mengenalkan Ayam Baru Kepada Ayam Lama Yang Aman

Pernahkah Anda membawa ayam-ayam baru untuk menambah koleksi ternak ayam yang sudah ada sebelumnya namun kemudian terjadi keributan karena ayam yang lama berkelahi dan bersikap agresif dengan ayam yang baru?

Hal ini cukup wajar karena ayam termasuk hewan yang teritorial dan memiliki hirarki sosialnya sendiri, sehingga jika ada ayam asing yang tidak dikenalnya maka ayam yang sudah lama di kandang Anda merasa posisi hirarkinya  terancam. Lalu bagaimana caranya agar Anda bisa sukses membawa ayam baru untuk mengembangkan peternakan ayam Anda?

Agar Ayam Tidak Bertarung

Yang pertama adalah dengan memisahkan ayam yang baru dengan ayam yang lama dan jangan ada kontak terlebih dahulu. Proses karantina ini penting untuk memastikan ayam yang baru tidak membawa penyakit yang bisa ditularkan pada ayam yang lama, atau sebaliknya. Proses karantina dijalankan setidaknya selama 4 minggu. Yang kedua, untuk mengurangi risiko terjadinya perkelahian yang besar sebaiknya masukkan dua atau beberapa ayam baru ke kandang ayam yang lama, bukannya langsung memasukkan semua ayam baru yang Anda beli bercampur dengan ayam yang lama.

Hal-hal lain yang bisa diperhatikan ketika mengenalkan ayam baru dengan ayam yang lama adalah:

  1. Memilih ayam baru yang ukurannya sama atau mirip dengan ukuran-ukuran ayam lama
  2. Alihkan perhatian ayam seperti misalnya menggantung beberapa macam sayuran di kandang
  3. Tempatkan ayam baru di kandang yang terpisah namun masih tetap bisa terlihat oleh ayam yang lama selama beberapa hari sampai ayam baru dan ayam lama saling acuh satu sama lain
  4. Ketika tiba saatnya untuk mengeluarkan ayam dari kandang, pada saat makan misalnya, keluarkan dulu ayam yang baru agar ia bisa lebih familiar dengan suasana baru dan memiliki kesempatan untuk makan duluan sebelum ayam yang lama merasa terganggu kemudian bersikap agresif pada ayam yang baru
  5. Perkelahian di antara ayam adalah hal yang wajar, perhatikan apabila ada luka terbuka pada ayam yang berkelahi untuk dilakukan perawatan luka menggunakan antiseptik agar tidak ada infeksi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.