Trik Menanam Stroberi Di Tempat Yang Panas

Stroberi adalah tanaman yang bisa tumbuh dengan baik di tempat dengan iklim sub tropis karena ia membutuhkan udara yang dingin untuk bisa menjadi buah stroberi yang merah dan besar. Oleh karena itu produksi stroberi di Indonesia bentuknya kecil-kecil dan rasanya agak asam. Meski begitu beberapa tempat di Indonesia bisa jadi tempat yang cukup cocok untuk menanam stroberi, terutama di dataran tinggi yang memiliki ketinggian 1000 – 2000 mdpl dan memiliki suhu rata-rata 10-18 derajat Celcius. Tapi bagi Anda yang ingin menanam buah stroberi di taman halaman rumah, atau di taman indoor Anda di rumah yang lokasinya lebih rendah dari alam habitat stroberi, berikut adalah triknya.

Pemindahan bibit stroberi dari tempat yang dingin ke tempat yang lebih hangat adalah faktor yang vital. Anda bisa menempatkan bibit stroberi di ruangan ber-AC dulu dengan suhu yang sesuai dengan suhu tempat asalnya selama 5 hari, kemudian secara bertahap dinaikkan suhunya lalu dibawa ke luar ke tempatnya yang baru. Teknik yang kedua adalah dengan menanam stroberi secara hidroponik agar stroberi bisa tumbuh di medan air yang memiliki suhu lebih rendah dibandingkan dengan suhu tanah di lingkungan tempat yang lebih hangat.

Cara menanam stroberi di tempat yang panas atau dataran rendah
Menanam Stoberi

Atur kelembaban dan suhu air agar stroberi bisa cocok dengan lingkungan tumbuh yang lebih panas. Ketika menanam buah stroberi, hindari terjadi penggenangan dengan mengatur frekuensi dan intensitas penyiraman. Hal ini karena penggenangan bisa menyebabkan penyakit akar dan daun busuk pada stroberi. Penyiraman bisa dilakukan sebanyak 2 kali sehari pada pagi dan sore hari.

Ketika menyiram sebaiknya sampai media tanam basah dan jangan sampai air tumpah-tumpah keluar dari media tanamnya. Penyiraman pada musim hujan juga sebaiknya disesuaikan agar media tanam tidak menjadi terlalu lembab. Kemudian agar tidak terjadi penguapan berlebih pada buah stroberi, bungkus pangkal buahnya dengan menggunakan plastik hitam terutama jika tanaman stroberi ditanam di tempat yang intensitas mataharinya tinggi atau tidak di dalam rumah kaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.