Yuk, Ketahui Lebih Banyak Tentang Hortikultura

Hortikultura kini sudah tidak asing untuk didengar oleh masyarakat Indonesia bukan? ya, tentu saja. Apalagi jika latar belakang Anda merupakan latar belakang pertanian, tentunya holtikultura merupakan suatu hal yang familiar untuk Anda ketahui bukan? 

Hortikultura merupakan suatu istilah yang asalnya berasal dari Bahasa latin dari kata Hortus yang artinya kebun dan Culture yang memiliki arti bercocok tanam. Sehingga arti dari hortikultura merupakan suatu kegiatan bercocok tanam yang meliputi sayuran, buah – buahan, atau dapat juga berupa tanaman hias yang menggunakan kebun atau pekarangan rumah sebagai lahan dari bercocok tanam tersebut.. sebenarnya holtikultura ini dapat dilakukan di 2 tempat, dimana tempat bercocok tanaman tersebut luas, sehingga dapat menghasilkan produksi pertanian yang bermanfaat bagi orang banyak, atau di lahan kecil yang minimal dapat menghasilkan produksi untuk yang membudidayakannya. Sehingga holtikultura ini merupakan suatu proses bercocok tanam yang sangat bermanfaat bagi siapa saja yang melakukannya.

Crop Hortikultura

Hortikultura juga memiliki beberapa fungsi, yang tentunya sangat berpengaruh dalam kehidupan sehari – hari :

  • Sebagai penyedia pangan. Dimana penyedia pangan ini dapat diwujudkan dengan adanya penanaman sayuran dan juga buah – buahan. Pangan yang dihasilkan dapat berupa vitamin, serat, mineral, serta senyawa – senyawa lainnya yang dapat memenuhi gizi seseorang.
  • Sebagai fungsi ekonomi. Dimana fungsi ekonomi ini dapat diwujudkan dengan adanya nilai ekonomi yang tinggi sehingga dapat menjadi suatu sumber penghasilan untuk petani, pedagang, dan lain sebagainya.
  • Sebagai obat dari segala penyakit. Dimana obat ini dapat diwujudkan dengan adanya penanaman tanaman – tanaman obat di lahan hortikultura yang subur dan mampu ampuh menyembuhkan berbagai penyakit.
  • Sebagai tanaman hortikultura hias. Dimana tak hanya berfungsi sesuai jenis tanaman yang ditanam, namun juga berfungsi sebagai pemberi unsur keindahan serta kenyamanan suatu lingkungan.

Nah, itu dia beberapa informasi yang memiliki kesinambungan dengan hortikultura. Semoga bermanfaat untuk Anda dan dapat menjadi referensi Anda bagi Anda yang memang tertarik untuk melakukan hortikultura di rumah Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.